Powered By Blogger

Kamis, 08 Juli 2010

HUBUNGAN MUSIK DENGAN KEJAYAAN DAN KEMUNDURAN MASYARAKAT

Kebudayaan tradisional beranggapan semua materi alam semesta terdapat keterkaitan yang tidak nampak, maka itu musik juga bisa merefleksikan berbagai aspek masyarakat.

Menurut penuturan Lu Shi Chun Qiu Xia Jie, Yin Zhou mengarang musik yang gila-gilaan, menganggap hal yang besar sebagai keindahan, menganggap kuantitas sebagai kemegahan, mengejar suka-cita berlebihan dan tidak mematuhi norma hukum. Sewaktu negara Song melemah, malah membuat ribuan lonceng; sewaktu negara Qi melemah, malah membuat nada Lu besar; sewaktu negara Chu melemah, malah membuat musik setan dan siluman. Ada musik jalan tengah, ada musik menggila, ada yang aliran lurus, ada yang jahat. Orang arif bijaksana karenanya menjadi jaya, orang yang durhaka karenanya menjadi musnah.

Kebanyakan pendiri negara pada zaman kuno, demi stabilitas masyarakat dan kemajuan, juga memandang penting mutu dari musik.

Seperti Tang Taizong (dinasti Tang) sangat menghargai musik elegan dan murni. Dia memerintahkan Taichangqing (jabatan pada zaman kuno) Zhu xiaoxun meluruskan Gong Shang (salah satu dari 5 nada pada zaman kuno), Qijulang (jabatan pada zaman kuno) Lu Cai mendalami nada vocal/Yin Yun, Xielulang (jabatan pada zaman kuno) Zhang Wenshou memeriksa nada Lü- Lü. Menyuruh mereka menghapus yang tidak keruan, diatur menjadi nada suara standard dan sesuai norma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar